Ad (728x90)

Filled Under: ,

Manfaat Lengkuas Dan Laos Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan New
Manfaat Lengkuas Dan Laos Bagi Kesehatan Tubuh - Lengkuas memiliki beberapa sebutan di berbagai         daerah. Ada yang menamakannya sebagai laja (Sunda), dan laos (Jawa). Senyawa kimia yang terdapat pada Lenguas galanga antara lain mengandung minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil      sinamat, kaemferida, galangan, galangol dan kristal kuning.

Manfaat lengkuas merah sebagai obat tradisional sudah dikenal sejak lama. Manfaat Lengkuas Dan Laos Bagi Kesehatan Tubuh Nenek moyang kita sering menggunakan lengkuas untuk mengobati rematik, meningkatkan nafsu makan, menambah gairah, hingga mengobati panu.


Berikut ini beberapa ramuan yang menggunakan lengkuas untuk mengobati berbagai penyakit:
  1. Obat Batuk 
  2. Obat Limpa
  3. Menambah Nafsu Sex Dan makan
  4. Mengobati Panu dll.
Terdapat dua jenis lengkuas (Alpinia galanga, Linn., Willd.) yang tumbuh di Indonesia. Lengkuas merah (daging rimpang berwarna merah) dan lengkuas putih (daging rimpang berwarna putih). Lengkuas merah sering dijadikan sebagai obat seperti temulawak, Manfaat Lengkuas Dan Laos Bagi Kesehatan Tubuh sementara lengkuas putih lebih banyak digunakan sebagai bumbu masak seperti jahe dan kunyit.

Contoh Ramuanya :

1. Obat Reumatik
a. Bahan: 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung
  • Cara membuat: lengkuas diparut dan diperas untuk diambil airnya, telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata.
  • Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari 
b. Bahan: 3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 0,5 sendok teh bubuk merica, 1 potong gula merah, dan 2 gelas air santan kelapa
  • Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama-sama hingga airnya tinggal 1 gelas
  • Cara menggunakan: diminum sedikit demi sedikit selama 1 minggu

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Berfikir Sini™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.